KOMPARASI TEORI BELAJAR IVAN PAVLOV DAN GAGNE
Komparasi
|
Ivan Pavlov
|
Gagne
|
Sifat
|
Behavioristik
|
Behavioristik
dan Kognitivistik
|
Sifat belajar
|
Tidak alami
|
Tidak alami
|
Stimulus
|
Ada; stimulus
yang dikondisikan ataupun yang tidak dikondisikan
|
Ada; stimulus
terkondisi
|
Faktor internal
|
-
|
Adanya kesipan
pada diri siswa
|
Faktor eksternal
|
CS, atau Conditional Stimuly yang sengaja
dibentuk
|
Situasi belajar dan
penyajian stimuli yang sengaja dibentuk oleh guru
|
Proses
|
Ada 4 proses:
1.Bila
stimulus yang tidak dikondisikan diberikan, maka akan memberikan respon yang
tidak terkendali
2.Bila
respon tak terkendali diberikan bersamaan dengan stimulus yang dikondisikan
maka haslnya respon tak terkendali tetap muncul yang didampingi oleh respon
yang dikondisikan
3.Bila
kondisi poin (2) terus berlangsung, maka akan memebrikan hasil respon yang
terkendali lebih dominan
4.Bila
kondisi poin (3) dilakukan terus menerus maka yang akan muncul hanya respon
terkendali
|
Proses teori ini
berdasarkan teori proses informasi. Dimana pada proses input siswa telah
mempersiapkan diri. Pada proses yang berlangsung diberikan stimulus yang
dengan sengaja dikendalikan, sehingga output nantinya merupakan output yang
diinginkan. Di sini tidak dikenal stimulus tak terkendali dan respon tak terkendali.
|
Keterangan: Yang berwarna ungu adalah
persamaan antara teori Ivan Pavlov dan Gagne.
by. Admin
0 comments:
Post a Comment