Tuesday, December 4, 2012
KOMPARASI TEORI BELAJAR IVAN PAVLOV DAN GAGNE

Komparasi
Ivan Pavlov
Gagne
Sifat
Behavioristik
Behavioristik dan Kognitivistik
Sifat belajar
Tidak alami
Tidak alami
Stimulus
Ada; stimulus yang dikondisikan ataupun yang tidak dikondisikan
Ada; stimulus terkondisi
Faktor internal
-
Adanya kesipan pada diri siswa
Faktor eksternal
CS, atau Conditional Stimuly yang sengaja dibentuk
Situasi belajar dan penyajian stimuli yang sengaja dibentuk oleh guru
Proses
Ada 4 proses:
   1.Bila stimulus yang tidak dikondisikan diberikan, maka akan memberikan respon yang tidak terkendali
   2.Bila respon tak terkendali diberikan bersamaan dengan stimulus yang dikondisikan maka haslnya respon tak terkendali tetap muncul yang didampingi oleh respon yang dikondisikan
   3.Bila kondisi poin (2) terus berlangsung, maka akan memebrikan hasil respon yang terkendali lebih dominan
   4.Bila kondisi poin (3) dilakukan terus menerus maka yang akan muncul hanya respon terkendali
Proses teori ini berdasarkan teori proses informasi. Dimana pada proses input siswa telah mempersiapkan diri. Pada proses yang berlangsung diberikan stimulus yang dengan sengaja dikendalikan, sehingga output nantinya merupakan output yang diinginkan. Di sini tidak dikenal stimulus tak terkendali dan respon tak terkendali.

Keterangan: Yang berwarna ungu adalah persamaan antara teori Ivan Pavlov dan Gagne.

by. Admin

0 comments:

Post a Comment