Penghargaan Nobel Kimia

Sunday, November 25, 2012

Penghargaan Nobel Kimia tahun 1923

FRITZ PREGL

 

Lahir                                            : 3 September 1869, Laibach (sekarang
                                                       Ljubljana), Austria-Hungaria (sekarang
                                                       Slovenia)
Meninggal                                    : 13 Desember 1930, Graz, Austria
Afiliasi pada saat penghargaan      : Universitas Graz, Graz, Austria
Hadiah motivasi                           : "untuk penemuan metode analisis mikro-bahan
                                                       organik"
Bidang                                         : Kimia Analitik



Biografi
Fritz Pregl lahir di Laibach pada tanggal 3 September 1869. Dia mengikuti sekolah dasar di "Gymnasium" lokal. Selanjutnya belajar kedokteran ke Universitas Graz dan menerima gelar M.D.-nya pada tahun 1894. Tetapi sebelum lulus ia menjadi asisten dosen di bawah Alexander Rollett untuk fisiologi dan histologi. Ketika dosennya itu meninggal dunia pada tahun 1903, Pregl mengambil alih kursi Rollet. Selama itu Pregl juga memperoleh banyak pengetahuan kimia di bawah bimbingan Profesor Skraup.
Pada tahun 1904 ia pergi ke Jerman. Disana dia belajar dalam waktu yang singkat pada Gustav v. Hüfner di Tübingen, kemudian W. Ostwald di Leipzig dan Emil Fischer di Berlin. Setelah kembali ke Graz pada tahun 1905, Pregl bekerja di Institut Medico-Kimia di bawah K.B. Hofmann dan diangkat menjadi ahli kimia forensik untuk wilayah Graz pada tahun 1907. Pada saat itu ia mulai menyelidiki komponen badan albuminous dan analisis asam empedu. Walaupun pekerjaannya cacat karena kekurangan bahan awal, namun hal ini mendorongnya untuk mencari metode yang membutuhkan jumlah bahan lebih kecil ketika membuat analisis kuantitatif unsur-unsur dalam senyawa.
Pada tahun 1910-1913, hampir semua profesor di Universitas Innsbruck dikhususkan untuk mengembangkan metode analisis kuantitatif mikro-organik. Pregl yang sebelumnya pernah berhenti, kembali melanjutkan pekerjaan ini ketika ia dipanggil kembali ke Universitas Graz pada tahun 1913. Lalu ia diangkat sebagai Dekan Fakultas Kedokteran untuk tahun 1916-1917 dan sebagai Wakil Kanselir Universitas Graz untuk tahun 1920-1921.
Sebelumnya Pregl telah membuat berbagai karya ilmiah dalam bidang fisiologi dan kimia fisiologis, kemudian ia berpaling untuk mempelajari konstitusi senyawa kimia, khususnya investigasi asam empedu. Pada 1912, dengan menggunakan metode sendiri Yaitu metode analisis kuantitatif mikro, dia mampu membuat pengukuran beberapa unsur, seperti karbon, hidrogen, nitrogen, sulfur, dan halogen, hanya dengan menggunakan 5-13 mg bahan tersebut dan hasilnya akurat. Pengukuran ini diperoleh dari makro-analisis. Selanjutnya ia menyempurnakan tekniknya, sehingga bahan sebanyak 3-5 mg dapat diukur secara memadai. Pregl juga memberikan kontribusi pada sejumlah metode mikro untuk mengukur sekelompok atom dan mengembangkan serangkaian peralatan, termasuk timbangan analitik yang diperlukan untuk karyanya.
Karyanya pertama kali diakui dengan hadiah Lieben untuk Kimia dari Akademi Ilmu Pengetahuan (Imperial Academy of Science) di Wina (1914), gelar doktor kehormatan dalam filsafat dari Universitas Göttingen (1920), dan pada tahun 1921 ia terpilih mejadi anggota di Akademi Ilmu Pengetahuan di Wina. Kehormatan terbesar dan paling tak terduga adalah pemberian Hadiah Nobel untuk Kimia oleh Akademi Ilmu Pengetahuan Swedia pada 1923. O. Hammarsten, Ketua Komite Nobel pada waktu itu, menunjukkan bahwa penghargaan tersebut bukan karena penemuannya, tetapi untuk kegiatan memodifikasi dan meningkatkan metode yang telah ada, sehingga Pregl dianugerahi hadiah Nobel tersebut.
Pada awal penyelidikan, Pregl telah menghindari pempublikasian laporan-laporan eksperimen individunya, sampai ia telah yakin pada dirinya sendiri bahwa metodenya tidak hanya untuk membantu pekerjaannya sendiri, tetapi juga di laboratorium lain. Kemudian, pada tahun 1917, dia mengabadikan temuannya dalam sebuah monograf berjudul Die quantitative Microanalyse (diterbitkan oleh J. Springer, Berlin). Edisi kedua diterbitkan pada tahun 1923 dan edisi ketiga direvisi dan dipertebal hingga 256 halaman, muncul pada tahun 1930. Kemudian edisi berikutnya direvisi lagi oleh Dr H. Roth. Dan edisi ketujuh diterbitkan pada tahun 1958 oleh Springer di Wina. Selain itu monografi Pregl juga telah diterjemahkan ke dalam bahasa Prancis dan Inggris.
Setelah pemberian Hadiah Nobel untuk Kimia tahun 1923, ahli kimia dari seluruh dunia datang ke Institut Medico-Kimia di Graz untuk mempelajari teknik Pregl tentang analisis kuantitatif organik mikro di bawah bimbingannya.
Pregl pernah menikah, dan meninggal setelah sakit pada usia 61 di Graz pada tanggal 13 Desember 1930. Tak lama sebelum kematiannya ia menyumbangkan sebagian besar uangnya dari Akademi Ilmu Pengetahuan Wina untuk mempromosikan penelitian mikro-kimia. Hal ini menunjukkan bahwa bunga dari dana ini akan digunakan setiap tahun untuk penghargaan hadiah untuk pekerjaan mikro-apotek yang saat itu masih berjalan di Austria. Sejak itulah, Akademi Ilmu Pengetahuan Wina memberi nama hadiah ini sebagai "Pregl Fritz Prize".



Sumber:
http://nobelprize.org/nobel_prizes/chemistry/laureates/1923/pregl.html diakses pada Senin, 2 Mei 2011 pukul 15.14 WIB.

0 comments:

Post a Comment